Efektifitas Pemerintahan juga Butuh Peran Kepolisian

By Admin

nusakini.com--Peran kepolisian dinilai mampu membantu pemerintah dalam membangun tata kelola pemerintahan antara pusat dan daerah. Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam acara Sekolah Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri 2016. 

Dia mengatakan, dalam pemerintahan daerah itu bukan hanya kepala daerah saja di dalamnya, namun ada unsur dari kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, tokoh masyarakat, adat dan tokoh agama. Kepala daerah harus berkordinasi dengan mereka. 

“Konsep saya dan Presiden Jokowi bagaimana membangun tata kelola antarpemerintah pusat dan daerah yang efektif dan efisien taat pada huku , mempercepat birokrasi maka diperlukan peran kepolisian,” kata Tjahjo di Lembang, Jawa Barat, Senin (25/7). 

Menurut dia, kordinasi tersebut dilakukan guna antisipasi dan deteksi dini dari ancaman kesenjangan sosial, narkoba, korupsi, radikalisme dan terorisme. Kemudian, dalam hal ini, media juga bertugas dalam memantai dan memberikan opini, mana benar dan salah. 

Kerjasama antarelemen tersebut, kata Tjahjo disebut sebagai Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Sampai sekarang, jajaran komunikasi tingkat pimpinan daerah tersebut sudah berjalan dengan baik mulai dari tingkat provinsi sampai kecamatan. 

“Forkopimda sudah jalan sampai ke tingkat kecamatan. Kita juga harus menggiatkan kembali siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) di daerah,” ujar Tjahjo. 

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan pentingnya Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di hadapan peserta Sekolah Pimpinn Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-25 Angkatan Tahun 2016 di Gedung S. Imam Santoso Sespim Polri, Lembang.(p/ab)